05 Februari 2009

Mengenal Google Adsense

Artikel ini saya tulis karena ada beberapa visitor blog ini baik yang chatting sama saya maupun yang komen menanyakan tentang Google Adsense. Bahkan ada yang baru pertama kali mendengar istilah Google Adsense! Subhanalloh...

Tapi yang saya suka adalah semangat mereka untuk belajar tentang bisnis internet terutama Google Adsense.

Wah gimana njelasinnya ya...? Begini, Google adalah mesin pencari terbesar di dunia. Yang mampu memberikan hasil pencarian sampe jutaan bahkan milyaran halaman web.

Kemudian Google mengembangkannya menjadi sebuah bisnis dengan cara menampilkan web siapa saja yang ingin tampil di halaman depan hasil pencarian dengan membayar pada tiap kliknya (pay per click)

Secara singkat, AdSense adalah layanan iklan yg dimiliki oleh Google, dimana para pemilik situs dapat memasang iklan tersebut di situs2 mereka dan mendapatkan penghasilan tambahan. Iklan yg muncul bermacam-macam jenisnya, bisa berupa teks, gambar, bahkan video; namun yg pasti, semuanya menggunakan sistem kontekstual (contextual), dimana iklan tersebut akan relevan atau sesuai dengan isi halaman dimana iklan tersebut dipasang

Bagaimana Kita Mendapatkan Uang?

Seperti disebutkan di atas, dengan memasangkan iklan AdSense di situs, pemilik situs memperoleh kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bagaimana caranya?
Tidak sulit. Yg perlu Anda lakukan sebagai pemilik situs adalah menunggu (dan berdoa) agar ada pengunjung yg meng-klik iklan2 tersebut. Ya, cukup dengan meng-klik saja, otomatis Anda, sebagai publisher AdSense, akan mendapatkan sejumlah uang yg nilai bagiannya diperhitungkan dari besarnya bid yg telah ditentukan oleh si pemasang iklan (advertisers). Meskipun ada faktor2 lain yg mempengaruhi, secara umum, bagian yg diperoleh publisher adalah 20% dari nilai bid.

Perlu diingat, klik yg dihitung hanyalah klik2 yg dianggap valid. Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan klik terhadap iklan milik Anda sendiri atau pun menyuruh orang lain meng-klik iklan Anda.

Setelah Anda mendaftarkan diri di Google AdSense dan diterima, Anda akan mendapatkan akses ke Member Area Google AdSense. Di situ, selain tersedia tool untuk men-generate kode iklan yg dibutuhkan, juga terdapat halaman Report yg mencantumkan perolehan pendapatan Anda beserta jumlah klik yg didapatkan, jumlah tampilan iklan, dan info2 penting lainnya.

Bagaimana Pembayarannya?

Pembayaran akan dilakukan 30 hari setelah total pendapatan Anda dalam satu bulan mencapai minimal $100. Jadi apabila bulan Februari ini Anda memperoleh $100, maka penghasilan Anda tersebut akan dikirimkan pada akhir bulan Maret. Untuk Indonesia, pembayaran akan dikirimkan dalam bentuk cek dan Anda dapat memilih untuk menggunakan jasa pos ataupun DHL (Express Delivery) dalam proses pengiriman tersebut.

Jika menggunakan jasa pos, waktu pengiriman biasanya paling cepat adalah 20-25 hari (tergantung lokasi Anda). Sedangkan, jika menggunakan DHL, cek sudah akan Anda terima dalam waktu 2-3 hari kerja. Jangan lupa, Ada biaya sebesar $24 jika Anda memilih menggunakan sistem Express Delivery, dimana biaya tersebut otomatis akan dipotong dari penghasilan kita.

diolah dari berbagai sumber oleh MasRoy

logo diambil dari sini

14 komentar:

  1. Sukses ya mas dengan Google Adsensenya. Susah2 gampang dapet duit dari Adsense, tapi kalo udh dapet kuncinya..hmmm

    BalasHapus
  2. loochh komentku kok gk muncul mas?

    BalasHapus
  3. adsense now support payment through Western Union in Indonesia. Visit me to read more !

    BalasHapus
  4. @ Rumah Islami, sama-sama mas, semoga bisa bermanfaat untuk semua.
    @ Anita Mui, Periksa dulu koneksinya. Jangan-jangan baru nge-drop :D
    @ Nanang, Betul..!! saya juga baru buka email dari google. Semoga pencairan bisa semakin dipercepat!

    BalasHapus
  5. blogku berbahassa Indonesia, langsung kena tolak dan talak 3 d

    BalasHapus
  6. Wah...mas roy. Saya bisa dikasih lihat contoh site anda yg dikasih adsense? Omong2 saya alumni SMAN 7 Jogja juga lho...tapi jauh lebih tuwek

    BalasHapus
  7. terima kasih mas Roy, nau vervagi ilmu dengan kami kami yang masih buta dengan adsense.
    from your friend
    www.agussuwarto.page.tl

    BalasHapus
  8. bagus juga mas, bisa sebagai alternatif cari rejeki di saat krisis.

    BalasHapus
  9. mksh nih mas atas infonya :)
    GA paling oke dong....

    BalasHapus
  10. saya tahu adsense sebenernya sejak tahun 2007 tp pas itu ga ada niat buat ngerjain...ternyata setelah cek ke sana sini, adsense menjadi semacam investasi jangka panjang, nyesel juga sih awalnya...btw salut buat orang2 yang mau berusaha dari bawah...semoga sukses adsensenya mas, i will try it too...

    BalasHapus
  11. aku yo lagi sinau nggawe blog, tulung diajar(i) yo...

    BalasHapus
  12. Ajarin dong mas roy cara meng-optimalisai Adsense.
    Please....
    Skalian boleh tukeran link nya ngak mas??

    BalasHapus
  13. Mantabs mas roy...saya newbie nich...
    Sekedar ingin belajar ng-blog aja sich pertamanya. Mudah-mudahan nantinya bisa kayak mas roy juga..hehehe...tolong jadi tutor online saya ya mas..dan tolong komentari postingan saya..rasanya kurang "sedep" aja mas...
    Thx...

    BalasHapus
  14. Mas, gimana sih caranya ngeset google adsence. makasih tolong dibalas ya

    BalasHapus

Lepas tangan kanan Anda dari mouse dan ketikkan sesuatu pada keyboard dengan kedua tangan Anda... :)
Anda bebas mengeluarkan semua isi pikiran Anda baik kritikan, sanjungan bahkan hujatan! Asalkan disampaikan dengan sopan dan bijak.
Oh ya... hampir kelupaan... semua bentuk SPAM akan dihapus dari blog ini. Terima kasih sebelumnya :D